Tujuan Pembelajaran IPS yang Sebenarnya, Tak Cuma Menghafal Saja

Ada banyak mitos-mitos yang berseliweran di luar sana tentang anak jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Anak jurusan IPA dipandang sebagai anak pintar, rajin belajar, banyak menghabiskan waktu di tempat bimbel, sementara anak IPS dipandang sebelah mata, mulai dari nakal hingga level kepintarannya dibawah anak jurusan IPA.

Miskonsepsi seperti ini seolah memang sudah mendarah daging, nggak cuma di kalangan pelajar sekolah tapi juga orang tua dan guru. Miskonsepsi di atas malah sudah jadi mitos yang berkembang luas di masyarakat. Pada dasarnya tujuan pembelajaran baik yang jurusan IPA maupun IPS adalah semata mata untuk memberikan pemahaman pelajaran yang dirasa cocok oleh siswa.

Penyebab miskonsepsi ini beragam, mulai dari tingkat kesulitan pelajaran, kualitas guru yang berbeda, gengsi kalangan orangtua dan lain-lain. Hal ini berlangsung simultan hingga menyebabkan pandangan terhadap kedua jurusan. Sehingga tujuan pembelajaran yang sebenarnya tidak bisa terpenuhi dan hanya bisa menimbulkan kerugian tertentu pada siswa.

Tujuan pembelajaran itu berbeda-beda setiap jurusannya. Tidak terkecuali tujuan pembelajaran IPS dan tujuan pembelajaran IPA. Namun, pada kesempatan kali ini Liputan6.com akan membahas lebih rinci tujuan pembelajaran IPS.

Sumber : Liputan6.com