5 Negara dengan Gaji Guru Tertinggi di Dunia, Mana Saja?

Jakarta Dunia pendidikan di Indonesia masih diwarnai segudang masalah keuangan. Yang sedang viral saat ini mengenai gaji guru honorer yang ternyata hanya Rp 450 ribu per bulan.

Di luar Indonesia, ada beberapa negara yang memiliki kualitas pendidikan tinggi serta memberikan gaji fantastis bagi guru-gurunya.

Melansir Business Insider, gaji tertinggi di dunia bagi para guru berada di Luksemburg. Ini didapat dari penelitian Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) pada tahun 2017.

Gaji awal guru SMA di Luksemburg per tahun bisa menyentuh USD 79 ribu atau Rp 1,1 miliar (USD 1 = Rp 14.050). Sementara, gaji tertinggi guru senior di SMA Luksemburg adalah sekitar USD 138 ribu (Rp 1,9 miliar).

Penelitian OECD turut memisahkan gaji guru SD dan SMA. Berikut 5 negara tempat guru SD bisa mendapat bayaran tinggi berdasarkan skala gaji tertinggi (top of pay scale).

1. Luksemburg: USD 122 ribu (Rp 1,9 miliar)

2. Swiss: USD 84 ribu (Rp 1,18 miliar)

3. Korea Selatan (Korsel): USD 79 ribu (Rp 1,1 miliar)

4. Jerman: USD 72 ribu (Rp 1 miliar)

5. Amerika Serikat (AS): USD 68 ribu (Rp 955 juta)

Perlu diperhatikan, angka itu adalah gaji tertinggi yang dapat dicapai. Bila dilihat dari gaji awal, guru SD di Jerman mendapat gaji lebih tinggi dari Korsel. Namun guru-guru di Korsel menikmati penambahan gaji sesuai lama waktu mereka bekerja.

Gaji awal guru Korsel adalah sekitar USD 28 ribu (Rp 393 juta) dan itu lebih kecil dari guru di AS dan Jerman, tetapi seiring berjalannya waktu menjabat gaji mereka lebih tinggi dari dua negara itu menjadi USD 79 ribu.